DN22
Artikel
BISNIS DIGITAL
1 Sep 2025
Membangun Mimpi Di Era Digital: Lomba Digital Business Plan Skaneka Innofest 2025 Wadah Kreativitas Anak Muda Blitar Raya

BLITAR – Di tengah pesatnya perkembangan teknologi dan transformasi digital, generasi muda dituntut tidak hanya menjadi pengguna, tetapi juga pencipta peluang. Menjawab tantangan ini, SMK Negeri 1 Kademangan hadir dengan sebuah ajang bergengsi: Lomba Digital Business Plan (BMC Competition) dalam rangka SKANEKA INNOFEST 2025.
Lomba ini dirancang khusus untuk siswa SMP dan MTs se-Blitar Raya yang memiliki gagasan bisnis kreatif dan ingin belajar mengemasnya dalam bentuk perencanaan yang terstruktur melalui Business Model Canvas (BMC).
“Kreativitas Generasi Muda dalam Merancang Bisnis Digital di Era 5.0” menjadi tema yang diusung, menggugah semangat anak muda untuk tidak hanya berimajinasi, tetapi juga beraksi nyata.
Bukan Sekadar Lomba, Tapi Wadah Belajar dan Berkembang
Bagi banyak siswa, lomba ini bukan hanya tentang kompetisi atau meraih piala. Ini adalah kesempatan langka untuk belajar bagaimana mengubah ide sederhana menjadi sebuah rencana bisnis yang matang, realistis, dan siap dipresentasikan.
“Kami ingin menciptakan ekosistem kewirausahaan sejak dini. Di sini, peserta tidak hanya diajarkan cara membuat BMC, tetapi juga bagaimana percaya diri menyampaikan ide di depan dewan juri,” ujar Pak Hadi Ma’ruf, narahubung lomba.
“Teknik Keikutsertaan yang Mudah dan Manusiawi”
Bagi yang tertarik untuk bergabung, proses pendaftaran dirancang sederhana dan ramah pengguna. Peserta hanya perlu:
1. “Mempersiapkan Ide Bisnis Orisinal”: Ide harus datang dari pemikiran sendiri, kreatif, dan aplikatif. Boleh terinspirasi, tetapi bukan jiplakan.
2. ”Mengisi Formulir Pendaftaran”: Melalui link pendaftaran https://s.id/BMC_INNOFEST_SKANEKA25 dengan mengisi data diri lengkap.
3. “Membayar Biaya Pendaftaran”: Sebesar Rp 50.000 per peserta sebagai bentuk komitmen dan partisipasi.
4. “Membuat Business Model Canvas”: Dalam format PowerPoint atau PDF, maksimal 10 halaman, yang mencakup 9 elemen kunci BMC.
5. “Mengumpulkan Karya”: File dikirimkan secara online dalam batas waktu yang telah ditentukan.
Peserta juga diwajibkan melampirkan **Surat Pernyataan Orisinalitas** yang menyatakan bahwa karya adalah hasil pemikiran sendiri dan siap menerima konsekuensi jika terjadi pelanggaran.
Tahapan Lomba yang Mendidik dan Transparan
Lomba terdiri dari dua tahap:
Tahap Seleksi Seluruh karya akan dinilai berdasarkan kreativitas, kelayakan, dan kesesuaian dengan konsep BMC.
Tahap Final: 10 peserta terbaik akan maju ke babak presentasi langsung di hadapan juri, dengan waktu 10 menit untuk presentasi dan 5 menit sesi tanya jawab.
“Ini momen di mana peserta bisa menunjukkan tidak hanya ide mereka, tetapi juga kemampuan komunikasi dan respons terhadap masukan,” tambah Pak Hadi.
Hadiah yang Memotivasi, Pengalaman yang Tak Terlupakan
Selain trophy, sertifikat, dan uang pembinaan bagi juara 1, 2, dan 3, semua finalis akan mendapatkan e-sertifikat sebagai apresiasi. Namun, yang lebih berharga adalah pengalaman belajar, jaringan pertemanan, dan kepercayaan diri yang terbangun.
Mari Berpartisipasi!
Lomba ini terbuka untuk semua siswa SMP dan MTs di Blitar Raya. Pendaftaran dan pengumpulan karya dibuka hingga 10 September 2025. Final akan diselenggarakan pada 16 September 2025 di SMKN 1 Kademangan.
Tunggu apa lagi? Ini adalah momen untuk membuktikan bahwa generasi muda Blitar Raya penuh dengan inovasi dan siap bersaing di kancah digital.
Informasi Lebih Lanjut:
- Link Pendaftaran: https://s.id/BMC_INNOFEST_SKANEKA25
- Narahubung: Pak Hadi Ma’ruf (081228202245)
Jadilah bagian dari gerakan kreatif ini. Daftarkan dirimu, dan wujudkan ide bisnis digitalmu!
#BMCCompetition2025 #SkanekaInnoFest #SMKN1Kademangan #BisnisDigital #GenerasiMudaKreatif #BlitarRaya #LombaBisnisSiswa #WirausahaMuda #BusinessModelCanvas
#InovasiDigital
